Rabu, 01 Agustus 2012

Merangkai Skrip-sweet


“Bagi mahasiswa yang bergelut dengan tugas akhir, tanamkan dalam pemikiran kita bahwa penelitian tugas akhir itu mudah dan pasti bisa dilakukan. Mungkin selama ini karena kita tidak mengerti caranya saja.. Tetap Semangat!” (Romi Satrio Wahono)

            Skripsi lagi... tugas akhir lagi,.. serasa saat-saat mengerjakannya jadi momok tersendiri. Ya, mau tidur kepikiran, mau makan kepikiran, mau di rumah apalagi ditanya terus sama orangtua kapan skripsinya selesai. Hey, skripsi itu bukan untuk dipikirkan tapi dikerjakan! Kalo dipikirin terus ya nggak bakalan selesai. J
            Tenang aja, semua orang yang pengen lulus S1 pasti pernah mengalaminya. Jadi nggak cuma kamu nggak pusing ngerjain skripsi, dan tahap ini memang harus dilewati semua orang yang ingin lulus kuliah. Hal pertama yang wajib kudu diperhatikan dalam mengerjakan skripsi adalah harus senang dulu dan cinta sama topik yang kita ambil. Terus fokus ngerjainnya, jangan menunda-menunda atau malah terlena dengan lainnya.. karena skripsi itu adalah cerminan dari mental seseorang. Pas ngambil TA kadang mahasiswa sudah nggak ngambil makul lagi, nah disitu titik rawan kalo nggak pinter-pinter manajemen diri ya yang bakal terlena dengan kegiatan di luar kuliah yang lebih mengasyikkan.
            Setelah nemu ide yang cukup menarik untuk TA. Konsul ke dosen, cari referensi ke perpustakaan. Kalo dah di-acc topiknya  lanjut ngerjain proposal. Sering-sering diskusi sama dosen pembimbing biar tetep semangat dan termotivasi ngerjain proposal. Kalo proposal dah diacc lanjut ke semprop. Bakalan nemu sensasi di semprop, banyak masukan, kritikan bahkan pertanyaan yang sulit dijawab. Hehe,. Nggak papa, hitung-hitung latihan untuk semhas atau pendadaran nanti. Setelah selesai lanjut ke revisi proposal, nggak usah lama-lama dua pekan aja udah fiks. Trus lanjut ngerjain penelitiannya dan dokumentasi skripsi, nahhh.. di sini biasanya banyak godaannya..
            Kadang ngerasa nggak mood ngerjainnya, kadang buntu harus gimana lagi, sampe kayak orang linglung. Hmmm.. akhirnya pilih aktivitas lain dan kalo nggak inget bisa-bisa keasyikan terus. Kata temen yang sekarang dah lulus, kalo lagi nggak mood ya dipaksa buat dikerjain. Liat kembali targetmu, liat kembali idealismemu,  hadirkan kembali wajah kedua orangtua, atau bisa cari inspirasi dan motivasi ke dosen pembimbing atau temen yang sama-sama lagi ngerjain skripsi. Yang penting itu kontuniitas dan fokus, walau sedikit progresnya terus dikerjakan lama-lama akan selesai juga. J walau dikit tetep yang penting ada progresnya. Kalo lama ditinggal bakal sulit ngembalikan semangatnya lagi dan terasa sungkan ketemu dosen pembimbing lagi.
            Jangan menyerah jika nggak sesuai harapan, Ingatlah kalau segala sesuatu sudah ditetapkan dalam Laul Mahfud Allah. Termasuk waktu terbaik kapan kita selesai skripsi dan wisuda. Pasti Allah sudah menyiapkan waktu yang tepat dan terbaik untuk kita. Tugas kita adalah BERIKHTIAR semaksimal mungkin dan BERDOA. Sempurnakan dengan sedekah, supaya dimudahkan.
            Sekarang waktunya menatap kembali code-code asing di hadapanku. Merangkainya menjadi sebuah program aplikasi. Sembari menyusun dokumentasi bab demi bab. Bismillah, mudahkan ya Rabb..

Mengerjakan skripsi itu baik, tapi menyelesaikannya itu jauh lebih baik (Anies Baswedan)

Salam perjuangan!

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu...