Rabu, 01 Agustus 2012

Pelangi Ukhuwah

Bismillah

re-post tulisan di FB

Di penghujung 2011
Setiap kali hujan reda selalu menanti hadirnya pelangi. Ya... P.E.L.A.N.G.I.
                                   

Setelah langit hitam nan kelam mengucurkan air matanya, seketika itu sang Surya memberi sinaran ke muka bumi. Semua kagum akan kemunculannya, Kagum pada  perpaduan berbagai warnanya sehingga bisa membentuk lukisan yang indah,
padahal sejatinya ia hanya berasal dari satu warna yang jernih dan bening.


Tahukah apa yang menjadikan pelangi itu indah?
Pelangi menjadi sesuatu yang indah karena warna-warna yang berbeda di dalamnya saling melekat dan mengikat, tidak bercerai berai. Walaupun masing-masing mempunyai ciri khas dan karakter yang berbeda.
Seperti itu pula ukhuwah kita, diri kita masing-masing punya karakter tersendiri tapi semakin sempurna jika bersama dalam sebentuk pelangi ukhuwah.
Dari yang galak (siapa ya?), kalem dan pendiem (ehmm..), baik banget (waah..), ramah dan murah senyum (^_^), sukanya yang ribet-ribet (ckckck), rame dan narsis (grrr), ada-ada aja karakternya..
Sifat-sifat yang berbeda dengan karakternya yang khas. Saling melengkapi dan membuat cerita indah bersama. Seperti Pelangi selalu dapat membuat orang yang melihatnya merasa bahagia dan nyaman. Karena perbedaan itu mereka bahagia.
Apa jadinya jika pelangi hanya terdiri dari dua warna saja atau bahkan satu warna? Apa namanya tetap pelangi? Tentu bukan. Jika hanya biru, mengapa tidak lihat laut yang menenangkan atau langit luas. Jika hanya hijau saja, pohon yang kokoh bisa mewakili itu semua. Karena perbedaan warna itulah yang membuat pelangi menjadi indah.
Walau berbeda, namun warna-warna tersebut punya tujuan yang sama, Menunaikan tugas penciptaannya tuk hiasi dan beri keindahan pada langit tempatnya berada.
Semoga seperti itu kebersamaan kita, kebersamaan kita karena hanya Allah yang menjadi tujuannya. Kebersamaan ini nikmat karena ada dakwah yang menjadi landasannya.
Memang membutuhkan upaya dan usaha menyatukan perbedaan tersebut dalam satu tujuan. Saling mengerti dan memahami kondisi saudari-saudari kita.
Maka biarlah warna – warna itu tetap hadir dengan kekhasannya. Hingga nantinya ia akan dapat membuat dirinya sendiri bahkan orang lain merasa bahagia, hanya dengan menatapnya.

Pelangi itu muncul setelah hujan membasahi bumi. Setelah langit yang hitam nan kelam mengucurkan air matanya, pelangi hadir dengan keindahan yang menawan. Ukhuwah ini muncul setelah banyak melalui kejadian dalam kebersamaan. Senang, suka, gembira, pusing, ribet, kecewa, sedih. Senangtiasa menghiasi perjalanan kebersamaan kita..
Dan dalam kebersamaan selalu ada saja ujian dan tantangannya. Berbeda pendapat lah, merasa tidak dihargai lah, tidak bisa memahami kondisi orang lain lah, merasa sendiri lah, merasa dikecewakan orang lain lah, merasa dicuekin lah, merasa paling banyak berkorban lah, merasa yang paling benar lah, dan lain sebagainya.
Tapi tahukah engkau? ukhuwah itu akan indah pada akhirnya. Ada proses di sana untuk semakin mengeratkan kebersamaan ini, hanya perlu berusaha dan berkorban untuk dapat memahami satu dengan lainnya. Karena keragaman itu adalah keniscayaan namun mengelolanya membutuhkan usaha. Dan akan berakhir dengan indah karena  Allah senantiasa menguatkan kebersamaan kita.

  Masih ingatkah sabda Rasulullah: “Pada hari kiamat kelak akan ada suatu kaum yg wajahnya bersinar bagai purnama. Dia bertahta diatas mimbar-mimbar bertabur berlian yang gemerlap. Orang-orangpun iri padanya. Padahal dia bukan Nabi dan bukan pula orang yang mati syahid..”.
Seorang sahabat bertanya:
“Siapakah orang itu ya Rasulullah..?”
Rasulullah menjawab: “Yaitu orang-orang yang sewaktu di dunia saling mencintai karena Allah. Mereka terdiri dari beragam suku dan bangsa. Mereka bertemu karena-Nya dan berpisah juga karena-Nya.” (HR.Tabrani dan dishahihkan oleh Muslim)

For keluarga SKI FMIPA 2011
Semoga keistiqomahan dan ukhuwah senangtiasa mengikat hati-hati kita..

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu...